Testimoni Acara Penyegaran Asesor

research
  • 18 Jun
  • 2023

LAM INFOKOM News (18/6)
Testimoni atas acara penyegaran Asesor dengan cara mengajukan sejumlah pertanyaan kepada beberapa orang peserta, berikut hasilnya. 
Secara umum acara penyegaran asesor, acara penyegaran asesor sangat bagus sekali karena sesama asesor bisa saling sharing, silaturahmi dan yang pasti bisa memahami keinginan dan harapan dari Dewan Eksekutif (DE) dan Majelis Akreditasi (MA) LAM Infokom, yaitu kita sama sama ingin memajukan dan meningkatkan mutu Program studi komputer pada perguruan tinggi di Indonesia. Secara umum acara ini sangat penting dan bermanfaat untuk menambah pengetahuan asesor serta untuk penyamaan persepsi sekaligus untuk silaturahim. Kegiatan penyegaran asesor sangat bermanfaat bagi peserta (red), dan banyak ilmu-ilmu baru serta trik-trik baru yang saya dapatkan pada kegiatan tersebut.  Acara penyegaran Asesor merupakan acara yang sangat ditunggu tunggu oleh Asesor dan dilakukan secara Offline. Acara diselenggarakan dengan sangat baik mulai dari menginformasikan kepada Asesor sampai dengan pelaksanaan acara selama 2 hari Rabu dan Kamis 14 sd 15 Juni 2023 di Hotel Horison Bekasi. Acara sangat bermanfaat bagi Asesor diantaranya (1) menambah skill dan pengetahuan dalam melakukan penilaian baik AK maupun AL terutama bagi Asesor baru, (2) Menjalin siraturrahim dan jaringan diantara Asesor yg berasal dari Sabang sampai Merauke, (3) berbagi pengalaman dalam melakukan penilaian AK maupun AL, (4) Memberikan masukan dan saran untuk LAM Infokom agar menjadi lebih baik dimasa mendatang yang tujuannya sangat mulia yaitu meningkatkan  mutu pendidikan di Indonesia. Kegiatan selama acara juga sangat bervariasi mulai dari (1) diskusi kelompok yang dipandu oleh 2 orang Fasilitator berpengalaman dan anggota kelompok diskusi berasal dari berbagai Perguruan Tinggi  dan kota, (2) Arahan para expert dari Dewan Eksekutif LAM INFOKOM dan (3) Presentase hasil tugas kelompok, hambatan dalam menilai AK dan AL serta saran dan masukan untuk perbaikan LAM Infokom.
Acara diskusi, diskusi perkelompok sangat bagus sekali untuk menyamakan persepsi asesor dengan di dampingi fasilitator yang luar biasa, dipilih ketua dan sekretaris tiap kelompok untuk menyalurkan semua aspirasi para anggota kelompok, acara yang memunculkan perdebatan-perdebatan kecil untuk menyamakan persepsi demi kebaikan di perguruan tinggi komputer dibawah LAM Infokom  di Indonesia. Sangat baik sekali, karena kita bisa saling tukar pendapat satu dengan lainnya sehingga tercapai kesepakatan. Kegiatan diskusi kelompok sangat membantu dalam penyelesaian pengisian lembar kerja asesor, apalagi ada LED yang pengisiannya tidak urut dan tidak teratur oleh asesi. Pada sesi 1 Jam 14:00-00 kedua Fasilitator yang berpengalaman memberikan arahan kepada anggota diskusi bagaimana proses penilaian AK dan AL yang harus dilakukan oleh Asesor yang tujuan utamanya adalah melalukan Asesmen bukan mengaudit. Disamping itu, Fasilitator memberikan pencerahan mengenai PPEPP dan bagaimana menyajikannya dalam laporan LED. Dan yang paling penting, bagaimana cara melakukan penilaian (membuat narasi dan memberi nilai) serta sikap pada saat AL berlangsung. Secara umum, diskusi hari pertama sangat bermanfaat bagi semua Asesor karena sudah diberikan arahan dari Fasilitator dan praktek langsung menilai LED.
Acara arahan dan paparan, sangat bermanfaat sekali sehingga menambah kemampuan experts judgement. Pada paparan tersebut menyamakan persepsi kita semua bahwasanya kita semua harus sama-sama maju dan berjuang untuk kemajuan prodi infokom kedepannya.
Acara presentasi kelompok, sangat bermanfaat karena bisa mengetahui kelemahan selama ini dalam asesmen. Presentasi kelompok memberikan jawaban atas LED dan lembar kerja dari tugas yang diberikan serta pemecahan kasus-kasus yang ada.
Manfaat yang dapat dipetik, yang pasti dapat menambah ilmu pengetahuan dan juga silaturahim dengan sesama asesor baik yang baru maupun yang lama. Penyamaan persepsi dan semangat baru atas kemajuan prodi infokom. Materi paparan, semua materi sangat bermanfaat terutama pada kode etik asesor, menyamakan persepsi dari masing-masing asesor. Arahan yang diberikan oleh para pakar sangat bermanfaat bagi semua Asesor dalam melakukan proses penilaian akreditasi berlangsung. Beberapa arahan yang diberikan kepada Asesor adalah (1) Bersikap ramah pengguna dan objektif, (2) Membina Prodi/UPPS agar menjadi lebih baik, (2) Membantu Prodi/UPPS mengidentifikasi peluang perbaikan. Disamping itu juga diberikan arahan yang berkaitan dengan bagaimana menulis komentar penilaian LED secara efektif dan objektif. Disampaikan bahwa seorang Asesor (1) harus menulis komentar secara ringkas tapi lengkap, (2) mengacu pada matrik penilaian, dan (3) menuliskan komentar berupa fakta, data dan informasi secara objektif. Beberapa manfaat yang dapat dipetik atas acara penyegaran Asesor (1) Menambah pengetahuan dan wawasan bagi Asesor dalam menjalankan tugas mulia sebagai Asesor, (2) Menjadi ajang saling kenal dan diskusi dengan Asesor yang berasal dari berbabagai Perguruan Tinggi Sabang sampai Merauke.
Secara umum, paparan di hari kedua sangat bermanfaat bagi Asesor dalam menjalan tugasnya sebagai Asesor baik saat AK maupun AL. Presentase kelompok pada pleno hari kedua sangat bagus dan menarik karena masing masing perwakilan kelompok telah mampu menyajikan hasil kerja kelompok didepan para pakar dan Asesor. Masing-masing kelompok menyampaikan hasil penilaian dengan bahasa yang baik dan nilai yang sangat bervariasi. Disamping itu, masing masing kelompok juga menyampaikan kendala yang dihadapi dalam AK dan AL, memberikan saran dan perbaikan untuk LAM Infokom menjadi lebih baik. Secara umum, sangat menarik dan menjadi wadah untuk bisa diskusi lebih baik untuk kemajuan LAM Infokom.
Saran perbaikan acara, sebaiknya dilakukan minimal satu atau tiga kali dalam satu tahun atau setelah satu  putaran batch (batch 1, 2, 3) karena setelah pelaksanaan AK dan AL maka akan banyak situasi yang ditemukan serta untuk mengenali praktek baik dan praktek buruk yang ada pada prodi infokom. Hal-hal seperti ini tentu perlu didiskusikan dengan DE dan MA serta sesama asesor di LAM Infokom, apalagi ada asesor senior dan asesor yunior. Bebarapa saran yang bisa diberikan adalah (1) Menjadikan acara penyegaran Asesor sebagai kegiatan rutin LAM Infokom, (2) Tempat penyelenggaraan acara penyegaran bisa dilaksanakan secara bergantian di beberapa kota yang berbeda, (3) Acara pembukaan di hari pertama sebaiknya dilaksanakan mulai dari pagi dan peserta datang satu hari sebelumnya dan hari kedua.
Kritik atau saran terhadap acara, bagaimana jika ada lagi acara yang sama, ada sesi khusus untuk diskusi tanya jawab, halangan dan rintangan selama AL. Sebaiknya rundown acara sudah jelas dari awal, jangan berubah-ubah dan tata cara penyegaran pada diskusi kelompok dan tugas-tugas juga harus jelas, kriteria mana yang dibahas dan kriteria mana yang akan dipresentasikan. Waktu dan durasi pemaparan fasilitator dan kerja kelompok masih kurang, sebaiknya perkelompok dilaksanakan presentasi  dan tiap anggota memaparkan di kelompok tersebut sesuai dengan yang dikerjakan dan dipahaminya sehingga bisa di komentari oleh anggota lain,  sesudah tiap anggota memaparkan maka dapat diambil satu kesimpulan dan hasilnya yang dipaparkan di forum yang dihadiri DE dan MA seperti yang dilaksanakan pada saat penyegaran asesor kemarin. 
Masukan terhadap instrumen, Instrumen LAM Infokom yang saat ini sudah sangat baik karena sudah mencakup 9 kriteria dan ada tahapan PPEPP. Beberapa masukan adalah (1) meninjau kembali bobot untuk masing masing instrumen karena ada satu instrumen pada kriteria 9 mempunyai Bobot yang sangat tinggi, (2) Untuk memudahkan dalam penilaian AK dan AL, pada laporan LED disarankan masing masing Profi menyertakan link google drive sebagai bukti isian instrumen.
Pada akhirnya peserta menyampaikan bahwa  acara penyegaran asesor sangat bagus sekali dan sangat ditunggu karena selain menambah wawasan, peserta menjadi sangat paham dan percaya diri dalam menilai LED sesuai dengan pesan yang disampaikan DE dan MA yaitu meningkatkan mutu perguruan tinggi komputer, dengan cara yang santun dan menyemangati prodi-prodi yang di ases untuk menjadi lebih baik. Secara umum kami melihat semua Panitia, Dewan Eksekutif dan Asesor bahagia dan senang dengan adanya acara penyegaran Asesor. Mudah mudahan acara ini bisa berkelanjutan dimasa mendatang untuk meningkatkan kualitas Asesor dalam menjalankan  tugas mulia dalam rangka menjadikan PT Informatika semakin bermutu (-sol’s, Phd-).