Sosialisasi Kebijakan BAN-PT, LAM INFOKOM & LAMEMBA Di Wilayah LLDIKTI IV

research
  • 20 Mar
  • 2022

Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah IV bekerjasama dengan Universitas Komputer Indonesia (UNIKOM) menyelenggarakan Kegiatan Sosialisasi Kebijakan BAN-PT, LAM-INFOKOM dan LAMEMBA di Lingkungan LLDIKTI Wilayah IV, pada Rabu, 16 Maret 2022. 
Dalam acara ini turut hadir Direktur Dewan Eksekutif BAN-PT, Prof. Ir. Ari Purbayanto M.S.C.,  Kepala LLDIKTI Wilayah IV Dr. M. Samsuri, M.T., Ketua APTISI Pusat Dr. Ir. H. M Budi Djatmiko, M.Si., MEI., Ketua Dewan Eksekutif LAM INFOKOM Prof. Dra. Sri Hartati, M.Sc., Ph.D., Ketua Dewan Eksekutif LAMEMBA Prof. Dr. Ina Primian, S.E, M.T., Rektor UNIKOM Prof. Dr. Ir. H. Eddy Soeryanto Soegoto, M.T. dan Pimpinan Perguruan Tinggi dilingkungan LLDIKTI Wilayah IV. 
Kegiatan dilaksanakan secara luring di Auditorium Lantai 17. Smart Building UNIKOM dan secara daring melalui Zoom Meeting serta Live Streaming melalui Youtube.  Acara dimulai pukul 09.00 WIB yang diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars UNIKOM yang dipandu oleh Dirijen Jaida Najla. Kemudian dilanjutkan pembacaan doa yang dipandu oleh Muhammad Aria Rajasa, M.T. setelah itu dilanjutkan dengan sambutan dari Rektor UNIKOM, Kepala LLDIKTI Wilayah IV dan Ketua APTISI Pusat. 
‚??Sebagai bagian dari Institusi Perguruan Tinggi sama sama kita ketahui bahwa ukuran keberhasilan dari suatu institusi pendidikan tinggi maupun program-program studi yang ada didalamnya itu adalah sejauh mana capaian akreditasi yang bisa kita hasilkan. Suatu institusi pendidikan tinggi, program studi akan terlihat dari capaian akreditasi yang bisa kita hasilkan melalui kerja keras Perguruan Tinggi kita masing-masing. Untuk itulah maka acara ini sangat penting, menjadi sangat berarti bagi semua Perguruan Tinggi di Indonesia khsusunya Perguruan Tinggi dilingkungan LLDIKTI Wilayah IV‚?Ě. Ujar Prof Eddy dalam sambutannya, Rabu (16/3).
Tak lupa Prof Eddy selaku Rektor UNIKOM mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada semua narasumber yang telah berkenan hadir untuk mencerahkan para pimpinan Perguruan Tinggi di wilayah LLDIKTI IV sehingga dapat mengetahui dan dapat mempersiapkan diri secara baik untuk meningkatkan kemajuan institusi Perguruan Tinggi masing-masing. 
Kepala LLDIKTI Wilayah IV Dr. M. Samsuri, M.T dalam sambutannya menyampaikan bahwa ‚??Kegiatan ini merupakan salah satu agenda dari LLDIKTI Wilayah IV dalam upaya untuk menguji ataupun upaya untuk lebih mendapatkan informasi penting karena seperti yang kita ketahui dari peraturan BAN-PT dan juga beberapa edaran yang sudah kita terima bahwa pada tanggal 31 Maret 2022 batas akhir untuk prodi-prodi yang sudah ada lembaga akreditasi mandirinya oleh BAN-PT akan sepenuhnya diserahkan kepada LAM PT. 
‚??Potret Perguruan Tinggi yang ada di Wilayah LLDIKTI IV saat ini ada 6 yang terakreditasi A dan Unggul. 4 diantaranya yang terakreditasi A dan 2 PTS yang terakreditasi Unggul, dan 93 PTS terakreditasi B, kemudian 10 PTS terakreditasi Baik Sekali sisanya terakreditasi Baik, Cukup Baik dan bahkan belum memiliki peringkat akreditasi atau belum terakreditasi, artinya masih banyak yang ingin ditingkatkan lagi dan tentunya tidak bisa bergerak sendiri. Hal ini lah yang ini kami genjot sekaligus secara keunggulan akreditasi ini dan yang belum terakreditasi ini akan kita betul-betul dorong kita intensifkan sehingga menjadi terakreditasi. Akreditasi menjadi penting karena kita  mendongkrak untuk sistem penjaminan mutu internalnya, untuk menguji sistem penjaminan mutu internal di setiap perguruan tiinggi tentu melalui akreditasi atau sistem penjaminan mutu eksternal. Saat ini terdapat 2516 Program Studi dari 451 Perguruan Tinggi yang ada di LLDIKTI Wilayah IV sampai dengan tahun 2022‚?Ě.  Ujar Samsuri
Dalam kesempatan ini Dr. Samsuri menambahkan sekaligus membuka acara ini mengatakan bahwa ‚??Mari kita bersemangat menyatukan visi. Konteks utama adalah kualitas lulusan yaitu nomor satu tetapi potret secara insitusi sistem penjaminan mutu internal dan eksternal dalam hal ini konteksnya adalah akreditasi harus menjadi perhatian bagi kita semua. Mudah-mudahan apa yang kita cita citakan, yang kita upayakan dengan niat baik untuk membuktikan. Gunakan kesempatan ini untuk betul-betul memahami dari para narasumber yang sangat kompeten. Mudah-mudahan memotivasi kepada semua Perguruan Tinggi agar semua Perguruan Tinggi tidak ada yang tidak terakreditasi sampai 3 dan 4 tahun kedepan, kemudian ada 10 program studi yang terakreditasi karena saat ini ada sekitar 52 ‚?? 53 % yang terakreditasi, kami berharap ada sekitar 72 % dalam 3 sampai 4 tahun kedepan yang terakreditasi dan itu merupakan target minimal. Oleh karena itu, LLDIKTI tidak bisa apa-apa kalau gerakan itu tidak terjadi dari para pimpinan Perguruan Tinggi dan para pimpinan program studi disetiap Perguruan Tinggi di LLDIKTI Wil.IV Jawa barat‚?Ě 
Senada dengan itu, Prof. Ari Purbayanto selaku narasumber dalam kesempatan ini menyampaikan bahwa ‚??Pentingnya penjaminan mutu pendidikan. Tidak ada bangsa didunia yang maju yang pendidikannya itu buruk bahkan sumber daya manusia yang harus maju karena untuk menjadi negara maju sumber daya manusianya yang harus lebih diutamakan. Kemajuan pendidikan tidak terlepas dari penerapan proses Penjaminan mutu pendidikan yang dilakukan secara baik, konsisten dan berkelanjutan (continuous quality improvement)‚?Ě.
Ketua Dewan Eksekutif LAM INFOKOM Prof. Dra. Sri Hartati, M.Sc., Ph.D., menyampaikan terkait kebijakan LAM ‚??Program Studi yang masa berlaku akreditasinya habis ditengah proses akreditasi sedang berjalan, LAM INFOKOM akan mengeluarkan SK yang menyatakan bahwa status akreditasi lama masih berlaku dan saat ini sedang proses akreditasi oleh LAM INFOKOM. Kemudian status akreditasi lama tetap berlaku sampai LAM INFOKOM menerbitkan SK Status Akreditasi yang baru‚?Ě. 
Kegiatan berjalan dengan lancar dan semua peserta sangat antusias mengikuti kegiatan ini. Semoga dengan diadakannya kegiatan ini dapat memberikan hal yang konstruktif, hal yang sangat positif bagi kemajuan dan pengembangan Perguruan Tinggi di Wilayah IV dan Perguruan Tinggi di Indonesia pada umumnya.