BAN-PT Lakukan Asesmen Lapangan Kesiapan Operasional LAM INFOKOM
Sesuai dengan peraturan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Nomor 9 Tahun 2020 tentang Kebijakan Pengalihan Akreditasi Program Studi ke Lembaga Akreditasi Mandiri, maka BAN-PT memastikan kesiapan operasional Lembaga Akreditasi Mandiri terkait pelaksanaan akreditasi di Lembaga Akreditasi Mandiri Informatika dan Komputer (LAM INFOKOM), pada Selasa 8 Maret 2022.
Kegiatan visitasi ini dilakukan secara offline di Kantor LAM INFOKOM dengan tetap mematuhi dan menjalankan protokol kesehatan. Acara diawali dengan pembukaan kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua Dewan Eksekutif LAM INFOKOM dan Sambutan Panel Asesor BAN-PT.
Asesor yang terlibat dalam visitasi ini adalah Prof. T. Basaruddin, Dr. Hendriko, ST., M.Eng yang merupakan Anggota Majelis Akreditasi BAN-PT, dan Azwardi yang merupakan Staf Sekretariat BAN-PT Jakarta.
??Tujuan diadakannya kegiatan visitasi ini adalah untuk mengetahui sejauh mana kesiapan operasional LAM INFOKOM dalam melakukan proses asesmen kecukupan dan asesmen lapangan pada setiap Program Studi di Perguruan Tinggi.? Ujar Prof. T. Basaruddin dalam sambutannya (8/3).
Acara Asesmen Kesiapan LAM INFOKOM ini diawali dengan Konfirmasi data dan informasi tentang Badan Hukum LAM, Program Studi Lingkup LAM, Instrumen APS, Konfirmasi data dan informasi tentang Prosedur Baku APS (SOP), Konfirmasi data dan informasi tentang Sumber Daya Manusia (Asesor), Konfirmasi data dan informasi tentang Sarana dan Prasarana, Penyiapan draft berita acara dan diakhiri dengan Wrap up (Penandatanganan berita acara hasil asesmen) dengan pihak yang terlibat yaitu Panel Asesor dan LAM INFOKOM.
Dalam kegiatan visitasi ini dilakukan juga demonstrasi sistem informasi akreditasi yaitu SALAM INFOKOM yang merupakan sebuah sistem yang nantinya dapat digunakan untuk membantu Perguruan Tinggi dalam mengelola akreditasi Program Studi. Salah satu fitur yang terdapat dalam sistem ini yaitu pengajuan akreditasi yang dimana dalam fitur pengajuan akreditasi ini terdapat juga fitur tracking pengajuan akreditasi, mulai dari upload berkas, pembayaran sampai dengan hasil keputusan akreditasi dapat dilihat dalam sistem ini dan juga dapat melakukan unduk SK.