Penyamaan Persepsi dan Penyegaran Asesor LAM INFOKOM

research
  • 17 Mar
  • 2022

Selasa 15 Maret 2022, LAM INFOKOM telah menyelenggarakan kegiatan Penyamaan Persepsi dan Penyegaran Asesor untuk seluruh asesor LAM INFOKOM yang sebelumnya menjadi asesor Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Tujuan diadakannya kegiatan ini adalah agar asesor LAM INFOKOM yang akan bertugas memiliki persepsi yang sama dalam melakukan akreditasi program studi. 
Kegiatan ini diikuti oleh 65 asesor LAM INFOKOM dan dilaksanakan secara daring melalui zoom meeting untuk meminimalisir penyebaran covid-19. Acara dimulai pukul 20.00 WIB yang diawali dengan sambutan sekaligus pengarahan dari ketua Majelis Akreditasi LAM INFOKOM yaitu Prof. Zaenal A Hasibuan, Ph.D.
Dalam kesempatan ini Prof Zaenal menuturkan bahwa ‚??Akreditasi Program Studi pada Perguruan Tinggi sebelumnya dilakukan oleh BAN-PT. Sesuai dengan Undang-undang Pendidikan Tinggi pasal 55 Nomor 12 tahun 2012, BAN-PT menjadi satu-satunya lembaga akreditasi¬† dalam bidang pendidikan yang berhak mengakreditasi perguruan tinggi negeri dan swasta. Pada tanggal 31 Desember 2021 Ditjen Dikti telah resmi meluncurkan peralihan operasionalisasi dari BAN-PT ke Lembaga Akreditasi Mandiri. Akreditasi Perguruan Tinggi dilakukan oleh BAN-PT dan akreditasi program studi dilakukan oleh Lembaga Akreditasi Mandiri (LAM) dimana LAM merupakan lembaga mandiri yang dibentuk pemerintah atau masyarakat atas rekomendasi dari BAN-PT berdasarkan rumpun atau cabang ilmu pengetahuan yang sudah ditetapkan. 5 LAM yang diluncurkan secara serentak salah satunya yaitu LAM INFOKOM‚?Ě.¬†
‚??Tujuan dibentuknya LAM INFOKOM adalah untuk menghasilkan kebijakan, standar, instrument dan prosedur akreditasi program studi dalam bidang informatika dan komputer. menjamin pemenuhan standar program studi yang sistemik dan berkelanjutan sehingga tumbuh dan berkembang budaya mutu pendidikan tinggi‚?Ě. Ujar Prof Zaenal dalam sambutannya, Selasa (15/3).¬†
Prof Zaenal menyampaikan bahwa LAM INFOKOM akan mulai beroperasi mulai tanggal 31 Maret 2022 dimana Program studi yang telah habis masa akreditasinya setelah tanggal 31 maret 2022 maka akan berpindah dari BAN-PT ke LAM INFOKOM. 
‚??Mengingat instrument yang dipakai oleh LAM INFOKOM relative baru, yang berbasis pada sistem penjaminan mutu internal dengan model Penetapan, Pelaksanaan, Evaluasi, Pengendalian dan Peningkatan ( PPEPP). Hal ini tentunya perlu keseragaman asesor dalam menilai akreditasi‚?Ě. Jelas Prof Zaenal.¬†
Setelah sambutan dan pengarahan dari Prof Zaenal selanjutnya yaitu asesor dibagi menjadi 5 kelompok untuk membahas hasil penilaian Mockup Avatar  LED. 
Kegiatan penyamaan persepsi ini berakhir pukul 22.30 WIB dan mendapatkan sambutan yang baik dari para asesor. Asesor pada umumnya sudah memahami untuk menilai instrument akreditasi LAM INFOKOM serta sebagian besar berpendapat bahwa instrument LAM INFOKOM lebih mudah, lebih jelas dan lebih terstruktur, sehingga memudahkan asesor dalam menilai akareditasi.